Pages

Subscribe:

Friday, April 6, 2012

Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pertanian

Pengolahan lahan pertanian adalah hal yang pertama kali perlu dilakukan sebelum melakukan budidaya. Sebelum melakukan budidaya ada baiknya mengerti kemana arah pengolahan lahan pertanian tersebut.

Dalam pengolahan lahan pertanian terdapat 2 cara dalam pengolahannya, yaitu ekstensifikasi pertanian dan intensifikasi pertanian. Apa yang dimaksud dengan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian. 
Ekstensifikasi pertanian adalah perluasan areal pertanian ke wilayah yang sebelumnya belum dimanfaatkan manusia. Sasarannya adalah ke lahan hutan, padang rumput steppe, lahan gambut, atau bentuk-bentuk lain lahan marginal (terpinggirkan). Istilah ini dalam bahasa Indonesia tidak ada hubungan langsung dengan pertanian ekstensif; dan dalam peristilahan internasional program demikian lebih dikenal sebagai agricultural (land) expansion ("perluasan lahan pertanian").

Berbeda halnya dengan ekstensifikasi pertanian, Intensifikasi pertanian adalah salah satu usaha untuk meningkatkan hasil pertanian dengan cara mengoptimalkan lahan perhatian yang sudah ada. Dalam melakukan intensifikasi pertanian, terdapat cara-cara yang penting yang perlu saudara ketahui dalam melakukannya. Cara ini disebut dengan Panca Usaha Tani. Hal-hal yang termasuk dalam Panca Usaha Tani bisa saudara dapatkan pada halaman berikut.

Demikian sedikit tentang penjelasan. Lebih jelasnya anda boleh mengklik kata yang berwarna biru.






2 comments: